Mengenal Ciri Spul Motor Rusak

Mengenal Ciri Spul Motor Rusak

foto: teknikotomotif.co.id

Spul merupakan bagian yang cukup penting pada kendaraan roda dua, komponen ini bisa disebut sebagai pemasok listrik pada sepeda motor. Spul bekerja pada saat motor berjalan dan menghasilkan putaran yang diubah menjadi energi listrik. Bisa Anda lihat saat kecepatan Anda semakin tinggi maka lampu akan semakin terang. Bahkan spul sendiri juga berperan dalam pengisian aki, jadi terbayangkan apa jadinya kalau komponen ini rusak. Nah oleh karena dengan mengetahui ciri spul motor rusak dibawah ini Anda bisa cepat mengatasinya supaya tidak berkelanjutan.

1. Komponen Elektronik Lemah atau Mati

Bila komponen-komponen yang membutuhkan listrik melemah maka hal itu wajar karena kelistrikan hanya bergantung kepada aki. Sedangkan kebutuhan listrik aki sendiri harus terus disuplai oleh spul. Komponen elektronik yang dimaksud disini seperti lampu depan lampu rem, lampu sen dan juga klakson. Jika menemui gejala seperti suara klakson yang melemah atau lampu yang nyalanya redup maka Anda harus segera memeriksanya. Bila hal ini terus dibiarkan lama-lama aki akan tekor dan Anda terpaksa harus menggantinya. Bukan hanya itu jika kerusakan ini terus dibiarkan dan bertambah parah misalnya hingga seluruh lampu mati maka spul yang terus dipaksa akan terbakar.

Ciri spul motor rusak lainnya yaitu alternator tidak mampu diberi beban listrik. Sehingga saat socket kiprok menuju spul dicopot dan diukur menggunakan Tegangan AC akan terbaca dan menunjukkan indikasi yang cukup. Lain halnya saat diberi beban langsung ke kiprok, setelah melalui pengukuran ulang. Rata-rata hasil pengukurannya jatuh dan arus yang masuk ke kiprok adalah nol.

2. Ciri Kerusakan Dilihat Dari Fisik

Ciri spul motor rusak biasanya menimbulkan bau kabel terbakar atau lampu yang tiba-tiba mati mendadak, jadi bukan hanya redup. Hal ini bisa disebabkan oleh salah satu lilitan dalam spul yang putus atau terbakar. Untuk memastikannya Anda perlu membuka spul yang berada di bagian samping mesin. Bila dilihat dari fisiknya bagian lilitan yang putus akan terkikis lapisan emailnya dan menimbulkan gosong akibat terbakar. Bila sudah seperti ini sebaiknya bawa ke tempat ahli yang bisa menanganinya, karena memperbaiki lilitan dinamo membutuhkan ketelitian ekstra.

About the author: smartdiyideas

Related Posts

Tinggalkan Balasan